TUMBUHAN HIJAU

PETA KONSEP

PETA KONSEP TUMBUHAN HIJAU

PETA KONSEP TUMBUHAN HIJAU

A. Tumbuhan Dapat Membuat Makanan Sendiri

Zat pada tumbuhan yang mempunyai warna hijau disebut klorofil. Klorofil membantu tumbuhan membuat makanan sendiri. Daun yang berwarna merah, kuning, atau jingga sebenarnya juga mempunyai klorofil, tetapi tidak bisa dilihat karena dilapisi oleh zat warna yang lain.

Untuk membuat makanan, tumbuhan memerlukan air, mineral, karbondioksida (CO2),  Klorofil, dan cahaya matahari. Bagian-bagian tumbuhan manakah yang bertugas memperoleh bahan-bahan tersebut? Perhatikan gambar di bawah ini!

Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau

Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau

Pembuatan makanan pada tumbuhan melalui proses sebagai berikut.

  1. Air yang mengandung mineral diserap tumbuhan dari dalam tanah dengan menggunakan akarnya.
  2. Cahaya matahari dan karbondioksida ‘ditangkap’ tumbuhan dengan mengunakan daun berklorofilnya.
  3. Di dalam daun, zat-zat tersebut diproses melalui proses fotosintesis menjadi tepung (karbohidrat) dan oksigen.
  4. Zat tepung diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan; sedangkan oksigen sebagian ada yang dikeluarkan ke lingkungan, sebagian diserap tumbuhan kembali.

B. Pengaruh Cahaya pada Tumbuhan Hijau

Tumbuhan hijau akan tumbuh subur bila cukup memperoleh cahaya. Mengapa? Karena tumbuhan dapat melakukan kegiatan yang disebut fotosintesis. Cahaya dapat diserap tumbuhan bila ada klorofil. Bagaimana dengan tumbuhan yang berada di dalam ruangan? Tumbuhan yang sudah lama berada di dalam ruangan perlu dikeluarkan agar mendapat cukup cahaya untuk membuat makanan. Apa yang dihasilkan pada proses fotosintesis selain tepung/karbohidrat?

Fotosintesis juga menghasilkan gelembung-gelembung gas yang disebut oksigen. Oksigen dilepaskan ke udara melalui lubang-lubang kecil pada daun (stomata) atau melalui lubang-lubang lain pada batang (lentisel), dapat juga melalui bekas potongan batang. Proses fotosintesis pada tumbuhan hijau dapat digambarkan dengan skema berikut.

Reaksi Fotosintesis

Reaksi Fotosintesis

Untuk melakukan proses fotosintesis, tumbuhan memerlukan karbondioksida, air yang mengandung mineral, daun yang mengandung klorofil, dan cahaya matahari. Jika salah satu dari keempat bagian di atas tidak ada, maka proses fotosintesis pada tumbuhan hijau tidak dapat berlangsung.

Hasil fotosintesis berupa karbohidrat dan oksigen. Hasil fotosintesis yang berbentuk karbohidrat digunakan oleh tumbuhan itu sendiri sebagai sumber energi. Sisanya, disimpan dalam bagian tertentu tubuh tumbuhan. Seperti halnya makhluk hidup lain, tumbuhan juga memerlukan oksigen. Hasil reaksi antara oksigen dengan karbohidrat akan menghasilkan karbondioksida, air, dan energi. Energi yang dihasilkan akan digunakan tumbuhan untuk melakukan aktivitas hidupnya, termasuk berkembang biak. Proses seperti di atas dinamakan respirasi atau pernapasan.

Proses respirasi dapat digambarkan dengan skema sebagai berikut.

RESPIRASI

RESPIRASI

Proses respirasi dan fotosintesis berlangsung secara bersamaan. Pada siang hari, tumbuhan melepaskan oksigen yang berasal dari proses fotosintesis. Pada siang hari pula, tumbuhan melepaskan karbondioksida yang berasal dari respirasi. Namun, jumlah oksigen yang dikeluarkan tumbuhan jauh lebih banyak daripada jumlah karbondioksida.

Agar kamu lebih paham mengenai perbedaan antara fotosintesis dengan respirasi, coba perhatikan tabel berikut!
Perbedaan Fotosintesis dengan RESPIRASI

C. Bagian Tumbuhan yang Menyimpan Makanan Cadangan

Kelebihan zat makanan dari hasil fotosintesis disimpan sebagai makanan cadangan untuk tujuan tertentu. Makanan cadangan beberapa tumbuhan disimpan dalam bagianbagian seperti pada daun, batang, dan buah. Bayam menyimpan makanan cadangannya di dalam daun dan batang. Wortel menyimpan makanan cadangannya di dalam umbi akar. Anggur menyimpan makanan cadangannya di dalam buah. Hewan pemakan buah akan tertarik untuk memakan anggur. Kemudian, biji anggur akan tersebar ke berbagai tempat dan tumbuh menjadi tumbuhan baru.

Pada tumbuhan lain, misalnya kacang tanah, makanan cadangan disimpan di dalam biji untuk membantu pertumbuhan tanaman baru. Pisang, jeruk, pepaya, padi, dan kacang kedelai menyimpan makanan cadangannya di dalam buah dan biji.

D. Makhluk Hidup yang Memanfaatkan Hasil Fotosintesis Tumbuhan Hijau

Manusia dan hewan-hewan tertentu sangat suka makan buah-buahan, wortel, dan biji-bijian. Dapatkah kamu jelaskan mengapa mereka menyukainya? Apakah kamu suka makan bagian tumbuhan tertentu? Mengapa? Bagian mana yang kamu suka? Hasil fotosintesis digunakan untuk pertumbuhan tanaman itu sendiri. Namun, manusia dan hewan juga turut memanfaatkan hasil fotosintesis tumbuhan untuk mendukung kehidupannya. Tumbuhan hijau selain menghasilkan bahan makanan juga menghasilkan oksigen. Udara menjadi sejuk dan segar. Kita akan merasakan kesegaran pada saat berada di bahan pohon yang rindang. Udara yang banyak
mengandung oksigen diperlukan semua makhluk hidup untuk bernapas.

E. Ketergantungan Manusia dan Hewan pada Tumbuhan

Tumbuhan merupakan sumber makanan bagi manusia dan hewan. Makanan tersebut diubah menjadi energi untuk melakukan berbagai aktivitas. Jika tidak ada tumbuhan, maka ketersediaan makanan akan terhenti. Manusia dan hewan akan kehilangan makanan. Akibatnya, lama kelamaan manusia dan hewan akan mati. Selain sebagai sumber makanan, tumbuhan juga menyediakan oksigen. Oksigen dipergunakan untuk pernapasan makhluk hidup. Manusia dan hewan tidak bisa hidup tanpa oksigen.
Manfaat lain yang bisa diperoleh dari tumbuhan adalah sebagai berikut.
1. menghasilkan kayu untuk berbagai keperluan manusia,
2. menjadi tempat hidup hewan,
3. mencegah bahaya banjir dan longsor,
4. menjadi bahan baku industri,
5. membuat lingkungan teduh, asri, dan tidak gersang.

SUMBER : BSE KEMENDIKNAS IPA KELAS V PRIYONO DAN TITIK SAYEKTI

4 thoughts on “TUMBUHAN HIJAU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s